My Skin Care Routine on Pregnancy

6:12 PM


Proses kehamilan pastinya membawa banyak perubahan, termasuk skin care yang aku pakai sehari-hari. Kalo melihat milestone skin care yang aku gunakan sebetulnya ga banyak perubahan dari sebelumnya. Aku ga mengubah skin care yang aku pakai kalo uda cocok dan memberikan efek yang baik untuk kulit. Awareness untuk memilih menggunakan skin care natural juga sudah muncul sejak mulai menyadari kalo kulitku ini cukup sensitif. 

Urutan daily skin care yang aku gunakan selama hamil juga kurang lebih sama : 
double cleansing - hydrating toner - serum - moisturizer - sunblock - acne treatment (jika diperlukan)



DAILY ROUTINE

First Cleanser

Three Cleansing Oil
Ini aku pakai kalo lagi heavy make-up menggunakan foundation dan concealer. Ampuh banget untuk menghapus make-up dan sensasi wangi citrus yang bikin rileks.

Sensatia Botanicals Unscented Sensitive Cream Cleanser
First cleanser sehari-hari yang aku gunakan. Cuma karena produknya lagi ketinggalan di rumah mertua, jadinya ga kefoto hihihi. Review lengkapnya bisa dilihat disini.

Nivea Double Effect Eye Make-up Remover
Eye and lip make-up remover favoritku! Selengkapnya bisa dilihat disini.

Second Cleanser
Sukin Sensitive Cleansing Gel
Aku memilih Sukin Sensitive Cleansing Gel karena aman untuk kulitku yang sensitif dan tetap ampuh membersihkan kotoran yang menempel di pori-pori. Plus setelah pemakaian aku tidak merasakan kulit yang ketarik. Sebetulnya varian Sukin Sensitive ini sudah pernah aku gunakan sebelumnya, tapi jenis cleansing lotion. Reviewnya pernah aku bahas disini.



Hydrating Toner
Avene Gentle Toner
Aku sudah menggunakan toner ini di botol kedua, dan masih sangat suka dan cocok. Review lengkapnya bisa dilihat disini.

Eye Cream
Sekarang ini aku lagi memakai Sukin Antioxidant Eye Serum yang aku beli pas lagi trip ke Melbourne. Yang bikin aku tertarik adalah kata-kata 'eye serum', karena biasanya serum itu untuk wajah. Ternyata cukup oke di area mata aku, perlahan kantong mata aku kembali mengencang dan area pinggir mata tetap lembab dan kerutan tersamarkan. Selain itu ga perih di mata karena kandungannya aman. Teksturnya ringan dan cepat menyerap.

Serum
Antipodes Worship Skin Defence Antioxidant Serum
Sebelumnya aku mencoba beberapa merk serum secara bergantian. Pernah mencoba Sulwhasoo First Care Serum sampai botol kedua, OST Pure Vitamin C21.5, Antipodes Hosanna H2O Intensive Skin Plumping Serum dan mencoba sample size Estee Lauder Advanced Night Repair (ANR) Serum. Jujur yang paling aku sangat suka dan memberikan banyak perubahan di wajahku adalah Sulwhasoo First Care Serum dan Estee Lauder ANR. Tapi karena bertekad untuk menggunakan yang natural, jadinya aku melirik varian Antipodes yang kedua kalinya. Tapi aku mencoba jenis serum lain yaitu Worship Skin Defence Antioxidant Serum. So far memberikan efek yang baik di kulit, kekenyalan tetap terjaga dan memberi kesan fresh karena kandungan antioksidan yang cukup. Selain itu saat diaplikasikan, cepat menyerap banget di kulit. 

Moisturizer
Sukin Super Greens Nutrient Rich Facial Moisturizer
Masih dari Sukin (mungkin sudah terlanjur suka dengan brand satu ini). Selain organik dan natural, brand Sukin memang aman untuk ibu hamil. Sebelumnya aku sudah menggunakan Nu Skin Combination Oily Moisturizer dan sudah menggunakan 2 botol. Tapi karena perubahan hormonal yang tadinya kulitku oily combination, semenjak hamil malah jadi berasa kering. Akhirnya aku mencoba Sukin Super Greens Nutrient Rich Facial Moisturizer ini dan ternyata cocok! Kulit aku bisa balance kembali dari sebelumnya yang agak kering. Tapi memasuki kehamilan di trisemester kedua, aku jadi super gampang keringetan, jadinya moisturizer ini aku pakai secuil aja, tapi tetap berasa lembab.

Sunblock
Avene Sun Protection SPF 50+ Emulsion
Masih dengan sunblock yang sama dan tetap cinta hihihi. Cocok banget untuk kulitku yang sensitif dan juga hypo-allergenique dan paraben-free. Review lengkapnya bisa dilihat disini

Acne Treatment
Organic Supply Co. Tea Tree Oil
Selama aku hamil memang masih ada muncul beberapa jerawat kecil-kecil dan aktif. Tapi itu hanya efek hormonal, jadi aku pun ga khawatir banget. Selama jerawat muncul, aku rutin menggunakan Organic Supply Co. Tea Tree Oil di area berjerawat. Ga pakai lama sekitar 3-4 hari, jerawatnya menjadi kempes dan terkelupas dengan sendirinya.



WEEKLY ROUTINE

Selain daily routine, aku pun juga menjalani weekly routine seperti masker dan eksfoliasi. Nah kalo soal eksfoliasi, sebelumnya aku melakukan treatment dengan menggunakan BHA. Namun setelah dibaca mengenai penggunaan BHA selama kehamilan memang belum ada yang mengatakan kalo 100% aman. Plus aku masih agak sensitif kemerahan jika menggunakan BHA. Jadi sementara penggunaannya aku hentikan dulu. Eksfoliasi yang aku lakukan sekarang hanya berupa scrub dan peel off mask. Referensi pembahasan ingredients skin care juga bisa dilihat disini.

Exfoliator
Three Gentle Nourishing Scrub
Biasanya aku pakai seminggu 1-2x di area hidung, dagu dan pipi yang banyak komedo. Tekstur scrubnya sendiri ga kasar jadi ga bikin sakit di kulit. Tapi sebaiknya dihindari scrubbing jika masih ada jerawat aktif.

Face Mask

Innisfree It's Real Squeeze Mask
Kalo sheet mask yang satu ini memang favoritku banget. Hampir semua varian pernah aku coba dan langsung merasakan efeknya. Variannya lengkap untuk semua jenis kulit, tinggal disesuaikan saja dengan kondisi kulit kita, entah itu sedang kusam, kering, berminyak, atau lagi berjerawat. Favoritku? Hmmm sulit untuk memilih hahaha! Tapi yang paling sering aku pakai adalah jenis Rice, Rose, Kiwi, Aloe Vera, dan Tea Tree.

Tiff Salt Mine Mud
Sebetulnya aku baru mencoba produk Tiff untuk pertama kalinya. Jenis masker ini berupa peel off yang efektif membersihkan pori-pori dan komedo, tapi yang versi ga sakit sama sekali. Dan benar memang ga sakit saat di peel, hanya untuk di bagian yang tipis (biasanya di area pinggir), perlu di bilas dengan air supaya tidak ketarik banget. Aku baru menggunakan masker ini 2x dan belum bisa kasih review lebih lanjut.

Tiff Soybean Placenta & Angelica Root
Sama seperti Salt Mine Mud, jenis masker ini juga peel off, tapi fungsinya lebih mencerahkan dan melembabkan sehingga bisa mengurangi garis-garis kerutan halus di wajah. Pertama kali menggunakannya aku cukup surprise, karena besok paginya wajah aku kelihatan cerah. Oh ya, kedua jenis masker Tiff ini lebih efektif lagi kalo dilarutkan dengan Sacre Rose Water. Aku pun juga sangat suka dengan Sacre Rose Water ini karena super menenangkan buat kulitku dan lebih berasa halus.


Semoga informasi skin care yang aku gunakan bisa jadi referensi buat para ibu hamil untuk tetap merawat kulit wajah. Sebetulnya sekarang banyak banget pilihan skin care natural yang aman untuk ibu hamil. Tapi intinya, balik lagi ke kecocokan kulit masing-masing. Perubahan hormonal kehamilan juga pasti berbeda setiap orang. Pilihan untuk menggunakan natural maupun chemical juga tergantung dari masing-masing orang. Kalo ada pilihan yang lebih baik dan ga memberikan efek negatif juga ke janin, ga ada salahnya untuk pilih yang aman :)

Thank you for reading!


Xoxo,


You Might Also Like

3 comments

  1. Ternyata, buat bumil ada kandungan makeup atau skincare yang perlu dihindari ya. Thanks for sharing, Susy :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Yap2 ga bs semua ingredients aman utk ibu hamil :)
      Sama2 Wina! :D

      Delete
  2. estee lauder anr gak aman kah buat bumil?

    ReplyDelete