#HomemadeBySusy : Kuotie Babi Panggang

3:25 PM


Oke ini adalah segmen terbaru yang bener-bener baru saja aku kepikiran untuk dibuat. Sejujurnya masak itu bukan kegiatan asing lagi buat aku, karena dari remaja aku sudah sedikit 'dikerasin' sama mama supaya bisa masak. Kakak-kakak perempuanku juga semuanya 'dikerasin' hahaha! Meski ga sejago mama atau chef handal, setidaknya aku senang bereksperimen, mulai masakan rumahan dan bikin kudapan. Kebanyakan juga masakan yang sering aku buat adalah masakan Indonesia, Chinese, Western dan Jepang. Ya yang penting praktis dan mudah aja, kalo susah, tinggal beli ke restoran dan nikmati hahaha...


Menu kali ini aku buka dengan yang non halal dari negara China. Makanan dumpling ini biasanya disajikan pada menu sarapan atau sebagai cemilan. Tapi bisa diganti koq dengan yang halal, tinggal diganti aja jenis dagingnya. Pas upload menu ini ke Instagram aku, ternyata cukup banyak yang DM dan ngiler liatnya hihihi... Soal resep, aku ga pernah ada patokan khusus, karena resep pun juga sesuai dengan selera orang, ada yang suka asin, lembek, manis, gurih, dll. Semua kembali ke selera masing-masing. Yang bisa aku share adalah yang berhasil dan mudah. 

KUOTIE BABI PANGGANG

Bahan :
- Kulit Pangsit (bisa dipilih yang agak sedikit tebal, biasa pakenya merek S.S khusus pangsit), atau bisa bikin sendiri tapi belom pernah dicoba, harusnya gampang, tapi mau yg praktis aja 😄
- ‎tepung maizena secukupnya sebagai pelekat yang dilarutkan dengan air.

Bahan isi :

- 250-300gr daging babi has dalam, giling halus (bisa diganti dengan daging ayam, atau daging ayam dan udang dicampur).
- ‎2,5-3 sdm tepung sagu.
- sayur kucai secukupnya, iris. Atau bisa juga pakai sawi putih dicincang halus, diperas hingga kering.
- ‎3 sdm minyak wijen.
- ‎3-4 siung bawang putih, cincang kasar atau ditumbuk halus.
- ‎1 sdm kecap asin.
- ‎garam, lada, kaldu ayam bubuk secukupnya (aku pakai Maseko kaldu ayam kampung).

Cara :

1. Aduk semua bahan isi. Untuk cek rasa bisa direbus dulu sebentar.
2. ‎Bungkus bahan isi dengan kulit pangsit. Banyak cara lipatan, bisa dicari di google/youtube. Standar kuotie pake versi lipat2 biasa aja. Oleskan dengan larutan tepung maizena sebagai perekat. Gunting sisa kulit yang lebih hingga bentuk setengah lingkaran. Sisa guntingan kulit jangan dibuang, bisa digoreng buat taburan bubur (ga mau rugi 😁).
3. ‎Kukus sebentar selama 5-8 menit dengan api sedang. Kita prefer kukus dulu biar make sure dagingnya matang sempurna. 
4. ‎Tuang sedikit minyak di teflon, panggang sebentar hingga garing agak kecoklatan. Sajikan dengan saus sambal atau sambal buatan sendiri aja😉

Ada juga yang caranya direbus langsung dengan teflon, pakai air sedikit lalu di ungkep, buang air, lalu langsung panggang.

Hasil : 
Kurang lebih 25-30 pcs, tergantung besarnya isi bulatan daging.


Mudah banget kan? Dan pastinya lebih murah daripada beli diluaran. Setelah dikukus pun bisa disimpan di kulkas, dan tinggal dipanggang sebentar untuk sarapan.

Selamat mencoba ya!
Have a nice day :)

Xoxo,


You Might Also Like

0 comments